Saturday, February 05, 2011

Pertanyaan dan Mimpi


Aku sekarang paham bahwa impian dan harapan, sebenarnya adalah pertanyaan-pertanyaan kita pada sang Pemberi Hidup tentang apa yang sudah disiapkanNYA untuk hidup kita.

Jaman Aku dan Aan -adikku- masih kecil, kami terbiasa mendokumentasikan hidup lewat kata. kalimat. tulisan.

Semua pertanyaan kami pada Gusti Allah terdokumentasikan tidak saja di benak. Tapi juga di dalam sebuah buku besar tebal berwarna biru yang Mamah beli di toko buku favorit kami "Gunung Mulia", Bogor.

Sebuah buku yang menyimpan bukti bahwa segala pertanyaan kita tentang hidup PASTI akan selalu dijawab sama Gusti Allah.

Sayang, buku besar itu hilang saat banjir besar sewaktu kami tinggal di Semarang.

"Aan besok kalo udah gede, mau jadi polisi!", bisa?

"Aan besok kalo udah gede, mau cari sekolah gratis! keluar udah jadi orang pangkat!", bisa?

"Gaji pertama Aan kalo udah kerja buat patungan beliin Mamah tiket pesawat!", bisa?

Aku belajar untuk tidak lupa dengan mimpi-mimpi yang Aku punya.

Dulu, Agus kecil pernah menulis begini:

"Mimpiku kalo besok udah gede: aku mau jadi penyanyi, penyiar radio, kerja di TV, dan nulis buku kayak Gola Gong, Andra P Daniel, Hilman, dan Enyd Blyton"

Aku berhutang pada Agus kecil.

Hutangku dibayar cicil dengan menjalani hidup tanpa pernah melupakan impian-impian itu yang merupakan pertanyaan pada Gusti Allah.

DijawabNYA tuntas. Pada porsinya masing-masing.

Keajaiban adalah sebuah keniscayaan pada orang yang percaya.

Mimpi pamungkas si Agus kecil, terjawab. Lunas.

Isi buku kecil ini sebenarnya hanya kumpulan-kumpulan tulisan dari usahaku untuk membekukan kenangan. Mendokumentasikan hidup.

Isinya sangat pribadi. Mungkin tidak punya makna istimewa buat yang lain.

Tapi ini mimpi yang menjadi bentuk.

Untuk Agus kecil, mimpimu tuntas!

5 comments:

Apisindica said...

selamat mas atas diretasnya mimpi masa lalu itu. Pasti rasanya plong..

Aku juga punya mimpi yang sama, sayang untuk saat ini aku masih terlalu malas. Mungkin suatu hari nanti.

Mohon bimbingannya...

setan said...

wuaaa akhirnya nulis lagi,,,
selamat yaakkkk,,
akhirnya keluar juag ni buku :)
launchingnya kapan ni??
ato uda mejeng di rak gramed??
(walo uda baca semua tulisannya, tetep bikin tentrem klo di baca ulang ^^)

ma_dhan said...

congrats atas impian yang sudah tercapai :)
saya berharap, impian saya juga tercapai, setidaknya saya sedang mengejar impian tersebut, mas :)

nita said...

Akhirnya nulis lagi mas setelah semedhi langsung nelurin buku.. kereeen. jd pengen beli bukunya :) ato ada samplenya gak mas? *maune gratisan wkwkwkwk.

Arya said...

Apis : aduh, tulisanku ndak ada apa-apanya dibanding punyamu ... ini sekedar penuntas mimpi ajah :)

Setan: hi kamu :) apa kabar? iya aku mau lebih rajin posting lagi deh

ma_dhan: ayo kejar terus mimpimu dengan semangat!

nita: ayo ayo beli bukuku di www.nulisbuku.com hehehehe