Sunday, August 30, 2009

Daun Singkong Oh Daun Singkong...


Gara-gara kemarin makan nasi padang beserta uba rampenya... tau kan? sambel ijo dan daun singkong.


aku lama sekali ngliatin daun singkong itu dan senyum sendiri

jadi inget Bapak.

Bapak paling anti sama yang namanya daun singkong.

Masakan apa pun kalau kecampuran daun singkong, dijamin ndak akan disentuh.

Air mukanya kalau dibayangkan sekarang sungguh lucu hehehe ... kayak anak bayi melepeh bubur susunya.

alasannya, "Haduuuuh ... awit cilik panganane godhong telo puhong ... wis tuwo kok yoo iku maneh! ora gelem aku!"

terjemahannya, "dari kecil makan daun singkong teruuus ... udah tua begini masak daun singkong lagi! ndak mau!"

Aneh! tapi ya itu lah Bapakku.

Jadi mikir, kita kadang terlalu melekatkan satu benda dengan yang namanya rasa.

rasa yang dilekatkan macam-macam ...

Bagaimana dengan diriku sendiri? haduh .... daftarnya bisa macam-macam.

--------------------------------------------

Saya dan Masakan si Mamah
Si Mamah itu hobi masak dan jangan ditanya, masakannya enak! dulu jaman kecil, jaman kami hidup prihatin ... satu hal yang jadi hiburan si mamah adalah membuka-buka buku resep masakan setiap sore. Air mukanya sumringah penuh senyum membayangkan Ia sibuk di dapur memasak apa yang ada di buku resep. Kami anak-anaknya suka sekali memperhatikan. Di mata kami, air mukanya membahagiakan.

Dalam hati aku berjanji, "Kalau nanti aku kerja dan punya uang, aku akan memastikan si Mamah punya uang untuk bisa masak apa pun yang Ia pengen Masak! aku akan memastikan di meja makan ada masakan-masakan hasil jiplakannya lewat buku masak yang dulu cuma ia buka-buka dan baca!"

dan sampai sekarang, setiap aku nelp si Mamah... pertanyaan pertamaku adalah:

"Masak apa Mah?"

terlontar otomatis begitu saja.

Kalau jawabannya dia masak yang menurut ukuranku "sederhana" misal:

"Alaaah ngene wae Gus ... njangan (sayur) bayem bening karo tempe bacem!"

aku kok merasa bersalah ya heheheh .... kayak aku kurang ngirimi beliau uang hahahahah.

kalau jawabannya:

"Masak nasi jaha plus tino ransak bulu!"

"Masak ayam bacem sama kare kentang!"

Bahagia sekali rasanya! hahahahahaha

---------------------------------------------------

Saya dan traktir teman
Jaman aku kuliah... aku pernah mengalami yang ..errr kasarnya ya, mbeli teh botol aja mesti mikir berkali-kali! :)

Kalo inget jaman itu aku suka mikir,

"Kok idup gue dulu kayak di film Dono Kasino Indro pas mereka lagi kuliah ya ....!"

komedi banget!

dulu, alam sadarku berkata

"Kalau nanti aku urip mulyo ... bekerja dan menghasilkan uang ....aku ndak mau itungan kalau soal makanan! kalau aku ada uang, aku ndak akan mikir dua kali untuk ngajak temen makan enak! kalau bisa, aku yang traktir-traktir!"

dan kejadian sampai sekarang

aku sulit mengerem kebiasaanku makan enak kalau lagi ada duit.

-----------------------------------------------

Saya dan Tas
Jaman aku kecil dulu, ada seorang kawan yang koleksi tas "Sanrio"-nya uedaaan banyaknya!

Kalau ndak tau "Sanrio" ... itu merk dari jepang yang mengeluarkan karakter kayak "Hello Kitty" ... "Twinkle Twinkle Star" dan banyak lagi lah!

Aku dulu melongo liat dia ganti-ganti tas kayak ganti-ganti baju!

buatku, hidupnya dia bahagia banget! heheheh

Sekarang, aku suka mbeli-mbeli tas walaupun kadang ndak aku pake karena ndak cocok!

Bukan tas yang harganya mahal siih ... tas-tas biasa yang masih kebeli sama duit gaji tiap bulannya tapi ya itu ... ndak pernah bisa dipake!

kalo ngeliat onggokannya di lemari, rasanya sayang sekali!

Tapi begitu aku mau kasih ke orang .... percaya lah, rasanya seperti mau pisah sama pacar

berat banget!

------------------------------------

Saya dan Tustel
Dulu, aku selalu menganggap bahwa tustel itu barang mewaaaaah banget! rasanya jadi manusia yang paling eksis banget deh kalo punya tustel.

Pikiran bahwa tustel itu barang sangat mewah terbawa sampai sekarang

setiap ngeliat tustel digital ... mengabaikan bisa membelinya... aku kok selalu merasa kayak mau beli mobil. muahaaal banget! heheheheh

dan jadilah sampai sekarang aku ndak pernah punya tustel. ada yang mau kasih ? :)

Ihhhh .... daftarnya baru keinget empat ... tapi kok aku kayak orang sakit jiwa ya .....

2 comments:

B said...

Wakakakakakakak, sangat menggelitik Bro. Itu juga yg gue alamin sejak kecil, saat membaca ini jd keinget jamannya gue kecil dulu juga :p

daysandminds said...

ini maksud postingannya apa?