Tuesday, February 20, 2007

Awaludin a.k.a Somad Bin Indun

Lagi males nulis, posting aja tulisan-tulisan lama ... begini ceritanya:

pulang ke Depok tepat waktu jam 17.15 ... aku harus bergegas, karena sebelumnya sudah buat janji dengan seorang teman lama, teman jaman kuliah dulu yang minta tolong untuk dicarikan indekost disekitar margonda karena dia melanjutkan studinya ke jenjang magister ... aku kapan ya ?


anyway, bertemulah kami di margonda ... ternyata bapak yang satu ini ... Ahmad namanya ... termasuk dalam batalyon Pasukan Gerak Cepat ... ternyata sudah dapat dia kamar kost yang layak di kober ... mampir sebentar ke kostnya ... ngobrol sebentar ... dan dia harus pergi ke depok 1 ketemu dengan tunangannya yang kebetulan aku juga kenal ....

sembari berjalan kaki ke parkiran motor FISIP UI ... lewatlah di jalan setapak hutan UI dimana ada beberapa penjual CD bajakan dan Keping MP3 .. dan :

saya menemukan keajaiban kecil yang melemparkan saya ke masa kecil ................ aku menemukan satu keping MP3 berisi kumpulan lagu-lagu berikut :

Bukalah Kacamatamu
"............Byuuuuukaaalaaah kaaatcahmahtahmuuu ... bilang kau ingin memandangku ... tapi kaaaau sembunyi , curi pandang .. malu donggg aaaaaahhhh !!" (dinyanyikan dengan video klip sungguh sukses pada jamannya dengan Nella Regar sebagai model video klipnya)

Sepatu Dari Kulit Rusa
"..............syeeeepatuuuu dari kulit rusa ... ituuu akuuu takk mintaaaa .. tas hitam kulit buaya ... itu juga ku tak minta .........yang kuinginkan cinta dan buatan indonesiaaaaa" (dinyanyikan oleh Ria Resty Fawzy dengan celana motif leopard dan sabuk hitam kulit dengan tatanan asimetris hampir menelan pinggul mungilnya)

Si Jantung Hati
"...........mataku merah bukannnyaaa kurang tidur ... badanku kurus bukaaaannya kurang makan ... namun memikirrrkan ooouuwwww si jantung hati ... ouuuwww si jantuung hati" (dinyanyikan oleh mukhlas ade putra ... dengan kumis tipis dan kemeja putih dengan padding pada kedua bahunya ... celana hitam baggy sukses ... sepatu La Gear putih semata kaki)

Ranjau Ranjau Cinta
"...........oouuw ouuuuw ouuuw rindu .... rindu tak tertahankan ... kutunggu-tunggu jawabaaannmuuu ... hatikuuu tak menentuuuu .. masa indah sepertiii dulu .. di dalam pelukannmuuuu " (Soundtrack sukses film remaja Ranjau Ranjau Cinta ... pemutaran perdana film ini sukses luar biasa di kota bogor ... tercatat .. aku ... ibuku .. dan bapak .. ikut antri di Bioskop Ramayana Bogor ... Bioskop kondang di tengah pasar ramayana yang sekarang kembang-kempis nasibnya tergerus oleh jaringan 21)

huuuuuaaahhh !!!! gila !!!! ada apa dunia hari ini ... kok yo ndilalah bisa nemu MP3 ajaib seperti ini ... apakah ini mungkin pertanda dari Tuhan bahwa aku punya kesempatan membuat Rio ... seorang karibku untuk kedua kalinya terserang stroke setelah insiden Tommy J pisa dan Richie Ricardo ? .... aku berkesimpulan : IYA ! hahahahah

tapi insiden penemuan keping MP3 ajaib ini juga kembali menjungkalkan memoriku pada satu keping kenangan masa kecil ..... mari teman-teman ... kita terjun sejenak


AWALUDIN A.K.A SOMAD BIN INDUN

aku pernah bercerita di blog ini ... bahwa ketika kecil .. aku tinggal di pinggiran kota bogor ... kabupaten Bogor , di suatu daerah pedesaan pinggir kota bernama Kampung Kramat

kami keluarga yang sangat sederhana ... hidup sederhana ... nggak neko-neko ... satu keluarga yang hanya menggelengkan kepala ketika anak-anaknya pulang kerumah dengan bau matahari di sekujur tubuhnya setelah seharian selepas tidur siang bermain di tegalan sawah dan bau rada amis setelah seharian mandi di kali ....

tapi meskipun demikian , entah kenapa ... yang namanya Buku ... sudah selayak seperti tersedianya nasi dan lauk pauknya di rumah .... bolehlah kami hanya makan dengan menu yang sangat sederhana ... asalkan pada hari minggu ... kami punya uang cukup untuk pergi ke toko buku bernama Naga Mulia di daerah Merdeka untuk belanja buku .... bolehlah kami hanya belanja pakaian beberapa kali dalam setahun asal pada hari minggu kami bisa pergi ke suatu tempat bernama TOKO BUKU

oh iya hampir lupa .... selain toko buku ... ada surga kecil lain yang bernama TOKO KASET !!!!

pada satu saat, kondisi keluarga benar-benar dalam kondisi yang pas pasan .. tapi , kok ya aku dan adikku yang masih sangat kecil merasa nggak terlalu bersedih ya ... hemmm .... hemmm ...
dan kami harus tinggal mengontrak di satu rumah petak dengan satu kamar tidur kecil , ruang tamu kecil , dapur kecil , semuanya serba mungil serasa tinggal di negeri liliput ... kami mulai kehilangan saat menyenangkan pada hari minggu ... hari minggu berubah menjadi seperti hari biasanya ... nonton unyil dengan tidak ada ke-ria-an menanti ajakan untuk ganti baju dan pergi ke toko buku ... toko kaset ... akhirnya siklusnya berubah ... kali ini , pergi ke dua surga kecil itu sekali dalam satu bulan adalah satu anugrah besar bagi kami ....

sampai akhirnya .................. berkenalanlah saya dengan orang ini:

Somad Bin Indun

ini beberapa penggalan masa kecil

Bobo
tidak pernah sekalipun aku melewatkan menikmati majalah yang satu ini ... dari yang harganya waktu itu sekitar 350 ... naik menjadi 750 ... naik menjadi 1300 ... 1750 ... 2200 ... seingatku

Tom Tom
majalah sejenis Bobo tapi tak bertahan lama , karena bahkan menurutku pun .. majalah ini isinya konyol ..patutlah dia bangkrut

Kuncung
majalah yang aku ratapi kehilangannya ... oh oh oh betapa aku sangat menantikan rubrik tips dan trik dunia kepramukaan di sini ... bagaimana aku sangat senang ketika aku tahu bahwa dengan air jeruk nipis atau cuka, kita bisa menulis sandi-sandi rahasia tanpa orang lain tahu ... ck ck ck ... Kuncung memang hebat !!!

Lupus
terus terang .. dulu aku nggak tahu ada band bernama Duran-duran sampai ketika buku ini pertama terbit ... oh oh oh ... ryan hidayat ... hilman ....kau adalah salah satu idola masa kecil

Balada Si Roy
Gola gong ... ini adalah buku yang pertama kali berhasil membuat saya seperti terseret dalam cerita ... dan ketika menutup bukunya pun .. aku masih tercenung menatap bukunya dengan kekaguman menyesak di dada ... gila .. gila ... gila ...

Mimi Elektrik
Zara Zetira ... sampai sekarang kalau ingat buku yang satu ini ... kenangannya selalu berhasil membuat saya tersenyum kecil ...

dan lain lain ... dan lain lain ... lima sekawan ... serial komplotan .. pasukan mau tau ... astrid lindgren ... dan lain lain

ah kapan ya pada satu saat .. penulis-penulis kita sekarang ... kembali menempatkan posisinya sebagai orang biasa ... aku sering pusing dengan penulis-penulis sok sastra .. sok pake kata-kata tinggi .. sok pake analogi yang dalem-dalem ... padahal pembacanya butuh lugas ... butuh jujur ... butuh sesuatu yang segar .. yang mampu secara sederhana mengajak pembacanya untuk tersenyum ... tertawa .. menangis ... dan pada akhir buku ditutup ... ada perasaan hangat ... aku kadang sulit menemukan hal itu pada penulis-penulis masa kini .....

o iya ... aku belum bercerita tentang Somad bin Indun.....

ketika keluarga kami harus mengontrak rumah petak .. ketika kami mulai sedikit kehilangan surga kecil kami .... aku bertetangga dengan seseorang bernama Awaludin ... anak seorang juragan angkot ... pemilik rumah petak kontrakan yang kami tempati ... anak gaul pinggir kota dengan gaya dandanan super ajaib !!! yang sekarang mengingatkan aku pada tokoh ciptaan Hilman dalam bukunya "Olga dan Sepatu Roda" ... mari kita panggil ia dengan sebutan Somad Bin Indun !!!

Somad berumur 14 tahun ketika aku mengenalnya ... aku tidak suka gaya tengilnya ... aku tidak suka dengan gaya dandanannya yang menurutku seperti mahkluk luar angkasa .. atau bahkan seperti orang-orangan sawah .. atau bahkan seperti penunggu pohon melinjo di ujung jalan masuk komplek kontrakan yang setiap sore sehabis maghrib setiap aku lewat pohon itu aku selalu berlari sekencang mungkin supaya nggak diculik oleh penunggunya ...

Miund .... Somad Bin Indun butuh pertolongan gawat darurat gaya berpakaian !

tapi aku harus bermanis-manis dengannya

tapi aku harus bisa mengambil hatinya

tapi aku harus bisa membuat dia dengan rela memberikan kesempatan untuk menikmati sesuatu yang dia punya

tapi aku harus membuat dia dengan rela meninggalkan aku sendiri di kamarnya sementara dia pergi bermain ...

karena dia punya sesuatu yang tidak aku punya

KOLEKSI BUKU ... MAJALAH ... KASET ... VIDEO ... YANG SUMPAH ... EDAN EDANAN LENGKAPNYA !!!

aku nggak habis pikir ... orang dengan penampilan ajaib dan tengil punya selera yang bagus juga untuk yang satu ini .. tapi aku tidak perduli ...

aku menemukan pengganti surga kecilku yang sempat hilang .....

aku penghuni kamar Somad bin Indun lebih lama dibanding sang pemiliknya

Ibu badrun ... ibu dari Somad bin Indun sudah menganggap aku dan adikku penghuni kamar itu ... awaludin a.k.a Somad bahkan lebih sering tidur di kamar depan sambil bermain Atari games ....

kalo aku ingat masa-masa itu ... ohhh ... betapa menyenangkan ... mengharukan ... memori yang tidak meninggalkan trauma menyakitkan ... justru senyuman kecil hangat !

Somad ... Awaludin ... terimakasih sudah meminjamkan surga kecilmu untuk ku

Somad .... sekarang kamu dimana ya ?

Somad ... kalau ternyata tuhan menunjukkan blog ini untuk kamu .... tolong ... hubungi aku secepatnya !!!!

terimakasih Somad

terimakasih Somad Bin Indun !!!!

1 comment:

Sandy said...

Pengen komen di shout box, tapi kepanjangan.. Hehehe..

OMG, semua yg disebutkan di atas adalah bacaan gw waktu kecil. Yah.. meskipun dulu masih SD, udah getol banget baca Bobo (Denny Manusia Ikan, Pak Janggut! Ohhh..), Lima Sekawan (Enyd Blyton, jenius), Lupus, dll

Jadi kangen kampung. Hiks..

ps: mas, aku link ya!