Wednesday, July 22, 2009


Oleh si Mamah, aku dari kecil ndak pernah diajar untuk mengeluh... pelajaran ini konsisten dicontohkan olehnya.

Seingatku, dari dulu sampai sekarang... Si Mamah ndak pernah mengeluarkan kata-kata bernada keluh keluar dari mulutnya.


Dulu, jaman kami masih kecil ... kami hidup dalam kondisi yang sungguh prihatin. Di mata kami (Aku dan Aan, adikku)... baru sadar sekarang, Si Mamah mengajarkan bahwa hidup itu harus kayak bajaj ... mau depan belakang, kiri kanan udah mentok ... bajaj selalu saja bisa belok! semua bisa disiasati ...


yang sedih bisa dibikin suka hati

yang kesal bisa dibuat jadi sesuatu yang tak membuat sesal

Yang sumpek bisa dibikin sesuatu yang ndak mbikin kepala jadi judeg

Si Mamah mengajarkan untuk selalu menertawakan kesempitan...


celetukan-celetukannya justru membangkitkan kami anak-anaknya untuk bermimpi dan yakin pada mimpi-mimpi itu bahwa suatu saat mimpi dijawab 100% komplit ndak dikurang-kurangi!


"Bapak lagi pergi jauh cari duit banyak buat kita... ambil buku ... tulis apa aja yang kamu mau beli dengan uang yang banyak itu!"


sedih jadi berganti kesenangan menuangkan rasa hati ...

sedih jadi empat lembar daftar mimpi ...


"Tuhan lagi becanda sama kita ... kita punya rumah kok malah ngontrak ya heheheh ... biar ngerasain jadi juragan kontrakan kayaknya!"


"Mending makan begini aja ya .. diawet-awet uangnya.. mbesok sabtu minggu jalan-jalan"

kami memahami nilai uang, hidup cermat dan prihatin dengan cara-cara yang ajaib

Kalau kami mengeluarkan kalimat mengeluh ...

Si Mamah bakal segalak kingkong ngamuk!


dari situ bermula .. sekarang sering kali muncul celetukan dari kawan seperti begini:


"Ya ampun cinnn .. kerjaan buanyak kok lo masih ketawa-tawa aja sih bo' .... plis deh!"


"Bo' .. lo sedih beneran nggak sih? kok gue nggak yakin ya?!"

"Gue nggak percaya deh ... serius lo bo'? terus gimana? ... aaaah ....lo ngomongnya sambil cengengesan ketawa-ketawa gitu sih!"


efek sampingnya dari cara spartan si Mamah dulu adalah... sekarang, aku sulit total kalo curhat yang sedih-sedih... cuma seiprit-seiprit ... ndak tuntas hahahahahah!

selalu saja ada yang tertinggal .. satu atau dua kalau lagi curhat yang sedih-sedih hahahahah ...


errrrr dipikir-pikir, itu sebenarnya bukan efek samping yang negatif malah ya ... justru bagus malah .. orang lain jadi nggak nanggung terlalu banyak ... beban hidup mereka kan juga udah berat heheheheh

Tapi dulu, beberapa kali sih kami memergoki Si Mamah menangis diam-diam ... biasanya di dapur ... malam-malam saat dianggapnya kami sudah tidur.


Kami sih pura-pura ndak tau aja ... justru melawak lebih sering ... biar rame


yang rame-rame biasanya ces pleng .. mujarab ngusir sedih!


dan itu kebawa sampai sekarang ...
kalau aku banyak ngelucu yang ndak penting terlalu sering ... sebenarnya indikasi utama kalau sebenarnya lagi banyak beban hidup hahahahahah

duh duh duh ... yo opo tho aku iki ... ngalor ngidul nulis ndak penting!


well well well ... sebenarnya ini caraku sendiri buat mengingatkan hal-hal esensial dalam hidup yang pernah diajarkan si Mamah
termasuk diantaranya ndak boleh terlalu gampang mengeluh ..

Agus...
ayo semangat!!!!


2 comments:

teppy said...

"dan itu kebawa sampai sekarang ... kalau aku banyak ngelucu yang ndak penting terlalu sering ... sebenarnya indikasi utama kalau sebenarnya lagi banyak beban hidup hahahahahah"

gue banget!
makanya sebenernya cerita2 yang gue tulis secara cuwawakan di blog gue itu adalah pertanda depresi terselubung, hehehehe...

senang bisa merasa "nyambung" sama cerita ini... nyokap gue juga kurang lebih sama kyk mamanya kang gusye... Ibu-ibu JUARA! :)

SEMANGAT YAAAAAAAAA! :D

tobias said...

Waduhhh, kok bisa kesandung di blog gue Mas? siapa yg nganterin???? huehehehehehe. Ibuku malah suka mengajrkan hal-hal yang jauh lebih konyol tapi benar-benar nyentil loh Mas, seperti kata-kata yg pernah dilontarkannya ke adik cewek gue yg ceritain kalo cowok temennya cakep, Ibu gue nyeletek "Ga makan hanya karena cakep, bunting iya!" kontan aja kami rada ngakak, wakakakakakakakak, padahal intinya Ibuku mengajarkan kalo memilih jodoh jangan liat luarnya aja, huehehehehehehehe.