Thursday, November 10, 2011

Selimut Hati


Selimut ini hadiah paling nyleneh yang pernah diberikan si Mamah.

Selimut ini hadiah ulang tahunku, tiga tahun lalu.

Selimut puskesmas, kami menyebutnya.

Bisa dibeli di pasar tradisional. motif garis-garis dan dulu sih, selalu jadi selimut rumah sakit kelas ekonomi.

Setiap orang punya penanda rasa.

Sebuah benda tempat kita menitipkan kenangan saat nanti memori di dalam kepala dan benak tak bisa lagi menemukan jejaknya karena usang termakan usia.

Demikian juga dengan selimut ini.

Aku masih ingat, bersama dengan selimut bermotif garis ini, kami bertiga -Aku, Aan adikku, dan si Mamah duduk bersisian di depan teras berselimut untuk menghangatkan kaki kami sambil menikmati teh manis hangat wangi melati saat hujan.

Momen kecil sederhana yang indah.

Aku juga masih ingat, bagaimana kami bertiga berkumpul di tempat tidur, berselimut motif garis-garis itu sambil menikmati cerita si Mamah atau sekedar berkeluh kesah sebelum tidur.

Momen kecil sederhana yang indah.

Selimut motif garis punya pertalian yang erat dengan masa kecil dan rasa nyaman cangkang aman bernama: R-U-M-A-H

Tiga tahun lalu, saat Aku sedemikian sering mengeluh rindu dengan rumah. Rindu pulang.

Mamah memberiku selimut itu.

Sebagai penanda rasa.

Hadiah nyleneh tapi maknanya luar biasa.


5 comments:

luke! said...

oww......si abang selalu bikin air mata saya meleleh deh.....:)

Andro said...

Huhu, jadi kangen rumah deh. Kalau saya punya photo mereka berdua, dan di pajang di depan meja belajar saya, biar semangat kalau lagi belajar :P

P.S saya ambil foto mereka pakai kamera papah saya yang usianya sama kaya saya loh ... hehe 21 tahun :)

Arya said...

Hi Luke: aku juga selalu tersentuh dengan tulisan-tulisanmu ... thank you for the enlighted inspiration ya :)

viclee said...

mamaku tak pernah memberikan benda apapun sebagai titipan kenangan buatku...tapi itu justru memicuku untuk mampu terus berjuang mempertahankan segala kenangan tentang almh mamaku tetap terjaga utuh dimemoriku seusang apapun memoriku saat ini...miss u mom...:(

Baju Korea said...

I Love You Mom....