Sunday, February 26, 2006

Ateng dan Iskak di filmnya duluuuu taun 70-an bilang katanya ibu tiri tak sekejam ibukota ...

ibu tiri yang kejam bisa menyuruh si anak nyuci semua pakaian orang satu rumah ... hmmpphh coba dulu anak itu sudah mengenal teknologi fuzzy logic dari electrolux .. jadi hanya semudah memencet tombol dan pakaian kotor segudang pun bersih wangi dalam sekejap

Ibu tiri yang kejam bisa menyuruh si anak mengepel dan menyapu semua lantai di rumah ... hmmpp coba dulu anak itu sudah mengenal kalau ada satu benda bernama penghisap debu ...
aku pikir upik abu tidak akan bernama upik abu kalau dia sudah mengenal perkakas rumah tangga modern ... wajahnya pasti ndak kusut masai keringetan karena mengerjakan pekerjaan domestik ...


aku pikir upik abu bisa saja mengadukan ibu tirinya ke Komnas HAM karena pelecehan hak asasi ...
toh aku pikir, upik abu bukan perempuan lugu juga kok .. mengingat dia bisa mengimbangi sang pangeran untuk berbincang-bincang saat dansa sampai akhirnya sang pangeran ketimpringan kena malarindu tropikangen jatuh cinta termehek-mehek padanya ... pastinya, upik abu selalu baca koran ketika ia mengerjakan segala pekerjaan domestik yang dibebankan oleh ibu tirinya ... jadi, dia melek hukum .. kalo orang udah melek hukum .. dia tahu hak-haknya .. kalau dia tau hak-haknya ... ibu tiri bisa masuk bui karenanya ...

lho, kok ini melenceng dari rencana semula aku menulis jurnal ini ya ? hakakaka dasar, otakku penuh dengan pikiran yang lari ke sana kemari dan aku kewalahan mengambil satu demi satu pikiran itu untuk kutulis ... jadi ya begini ini lah ... maksudnya begini yang keluar begono heheheheh ...

..............................


ok ok .. kemarin, aku sempat ngobrol-ngobrol dengan beberapa teman ... sesama perantauan ... atau teman yang asli berdomisili di Ibukota tapi memilih gaya-hidup-sebagai-perantau-dengan-tinggal-indekost ...

Jakarta itu sudah bikin orang-orang makin tidak bisa menikmati dan tertawa karena hal-hal yang kecil ...

hal yang kecil ? macam ? ...

ya macam-macam ... hal-hal kecil yang secara nominal tidak berharga ... tapi bikin hati dan jiwa jadi tenang ...

jakarta itu bikin orang berakselerasi untuk mengejar hal-hal fisik tapi tidak dengan hal-hal yang sifatnya makanan batin ... soul food kalo orang inggeris bilang ...

tidak semua orang begitu ... tapi kok aku merasa kebanyakan orang jakarta begitu ya ...
semua-semua diukur dan dihargai dengan angka...


kenapa ya ? ...

orang bilang, dulu... sebelum aku merantau ke jakarta ... mereka bilang, kalo aku udah nyampe dan bekerja di jakarta ... jangan jadi orang yang terlalu baik sama orang lain ... kamu harus kejam ... lebih baik nginjek daripada keinjek ... lebih baik nyikut daripada disikut ..

tidak seratus persen persis begitu mereka bilangnya sih ... cuma , aku menangkap intinya demikian ...

Hajar bleh !!! dan kalau kamu begitu .... dijamin kamu bakal sukses !!!

aku ndak mau percaya ....

tapi, setelah sekian taun merantau di jakarta ...

kok aku merasa demikian ... dan aku mulai percaya apa yang mereka bilang sebagai mashab "hajar bleh !"

orang bilang, dulu.... sebelum aku merantau ke jakarta ... mereka bilang, pada satu saat .. pada satu titik ... kita harus mengorbankan hal-hal yang kita cintai untuk hanya sekedar bisa bertahan ...

miris nggak sih kalau ternyata hanya untuk bertahan hidup aja kita harus mengorbankan hal-hal yang kita cintai ...

mengorbankannya untuk sekedar bertahan hidup ... (tambahkan dengan efek helaan nafas)

wah wah wah berarti itu lebih nista dibanding kita ngipri ke gunung kawi buat jadi kaya dong ...
aku ndak mau percaya ...


tapi, setelah sekian taun merantau di jakarta

kok aku merasa demikian ... dan aku mulai percaya apa yang mereka bilang mashab "dul kidal kidul ayo ngurban sing di tresnani" ...

DAN SEPERTINYA,

SEKARANG AKU SUDAH SIAP UNTUK MENGORBANKAN UNTUK MELEPAS APA YANG AKU CINTAI UNTUK SEKEDAR BERTAHAN HIDUP ...

SELAMAT TINGGAL IDEALISME ...

SAMPAI JUMPA KALI LAIN DI SATU WAKTU ....

2 comments:

IndigoDeviLLe said...

Mungkin lebih baik menggunakan kata-kata "mengadaptasi" idealisme kali yah, karena kita sebagain manusia khan agar beradaptasi mengikuti keadaan lingkungan yg selalu berubah ini.

Yah, idealisme dan paham boleh berubah, selama harga diri dan moral tidak hilang ditelan kejamnya Jakarta. Yooieeee ngga???

Anonymous said...

Where did you find it? Interesting read jeep Saab 9 5 driver air bag Prozac serotonin Tro improve credit score debt liquidation ratio Lesbo sorority sunlight and zoloft Long+term+care+insurance+plans hercules fico palermo sofa Accept credit cards free Considered great fico scores Credit report experian trw prozac knowledge of brain function long term effects Enzo ferrari pch Insurance malpractice podiatry florida credit score reports Michigan milf Sony+wireless+headset Ana lisis iconogra fico de latrinidad hockey pools