Sunday, December 04, 2005

Masa Kecilku

Minggu Pagi
bangun hampir jam 9 pagi .. ouch, mata masih males untuk bangun dan terbuka. Tapi saya mencium aroma sedap yang membuat alam bawah sadar pun memaksa saya untuk bangun dan membuka pintu dan buka jendela lebar-lebar untuk lebih menikmati aroma ini...

aroma bunga kopi!
ya, tempat dimana saya kost di depok adalah tempat dimana saya seperti ada di tengah-tengah kebun di pedesaan ... boleh percaya boleh tidak ... ada 15 kamar di situ, ketika masuk pintu pagar kost ... 10 meter sebelum mencapai komplek kost ada barisan pohon palem udang, dan bermacam-macam pohon palem lainnya yang saya tidak tahu apa namanya ... cukup rimbun dan rapat ... sampai di bangunan masif berlantai dua masing masing 8 kamar di bawah dan 7 kamar di atas (kamar saya ada di lantai dua nomor 10) ... disebelah kiri ada semacam kebun kecil (jangan bayangkan kebun kecil layaknya kebun yang ada di halaman majalah arsitektur) dengan barisan pohon melinjo dan rambutan ... di sebelah kiri ada barisan pohon mangga arum manis yang cukup rapat dan rimbun ...dan di depan, menghadap selasar kamar saya ada barisan pohon kopi , beberapa sangkar burung perkutut peliharaan bapak penjaga kost, dapur bersama, dan paviliun kecil tempat bapak penjaga kost, istri dan anak-anaknya tinggal. aroma bunga kopi sedang saya nikmati pagi ini kamar saya menghadap ketimur, dengan demikian hangatnya matahari pagi bisa saya nikmati sekarang... hangat ... tidak menyengat .. menyegarkan ... hemmm secangkir teh hangat campur sedikit madu, biskuit coklat, dan sebatang rokok marlboro menthol, duduk diberanda depan kamar ...

suara burung perkutut ...
inilah alasan kenapa saya rasanya malas untuk mencari tempat kost lain yang mungkin lebih dekat dengan kantor atau pusat kota ... saya lebih rela untuk pergi ke kantor naik motor selama 40 menit , jauh dari pusat kota dimana mungkin saja saya lebih mudah untuk menghabiskan waktu weekend bersama teman-teman .. dibanding harus kehilangan sensasi "perkampungan" seperti yang saya miliki sekarang ! bayangkan pada malam hari sepulang kantor suasana temaram ... sepi ... tenang ... jauh dari suara-suara berisik kendaraan ... sejuk ... selesai mandi ... segar ... kadang kadang saya dengar gerisik daun bersentuhan ... saya masih mendengar suara jangrik lho disini :) ... lagi-lagi saya ambil kursi dan duduk di depan kamar ... teh susu panas ... sebatang rokok marlboro menthol :) ... putar kaset ... biasanya sih bruce springsteen ... atau kadang-kadang enya ... aaahhh benar-benar rileks !

aku mau bercerita tentang sedikit masa kecil aku ini benar-benar anak kampung sejati ya, dari kecil saya tidak pernah tinggal di kota ... waktu saya masih kecil ... saya tinggal di pinggiran kota Bogor bernama kampung kramat ... daerah itu dulu masih belum termasuk kotamadia, masih kabupaten ... dulu setiap pagi setiap berangkat ke sekolah ... saya selalu melewati pematang sawah bersama dengan adik saya aan ... dan seringkali saya menemukan buah yang namanya kalo nggak salah sih buah ceplukan, dan sepengetahuan saya sampai sekarang satu-satunya tempat buah itu ada adalah di pinggir-pinggir pematang sawah .. buahnya berbungkus semacam daun yang berbentuk balon ... rasanya masam manis segar ... dan setiap pagi setiap lewat pematang sawah tidak terlalu besar itu .. saya dan aan selalu mencari apakah ada buah ceplukan yang sudah matang ... dan setiap kali kami menemukan buah itu ... kami berteriak girang "heiiiii aku nemu buah langka ini !!" :) ... sepulang sekolah, menjelang sore ... saya menikmati ritual kegiatan khas anak kampung :) ... ada dua teman saya sewaktu kecil ... Tatang dan Edy Yusuf yang pada saat itu paling jago memancing belut !!! ya, memancing belut di --lagi-lagi-- pematang sawah ... bagaimana dulu saya terkagum kagum dengan kemampuan mereka mendapatkan banyak belut untuk dibawa pulang ke rumah dan di goreng dengan campuran tepung beras sedikit dan tepung terigu supaya renyah :) sekarang Tatang dan Edy yusuf sudah menikah ... Tatang punya 3 anak , satu perempuan dan dua laki-laki ... Edy Yusuf punya satu anak perempuan dan menikah dengan teman satu kelas waktu jaman kita SD dulu :) .. kenapa saya bisa tau ? ... hemm waktu itu SD Cibuluh 1 tempat saya dulu sekolah mengadakan reuni dan bertemulah saya dengan mereka ... o iya , dulu si tatang ini kelas 5 SD, Edy Yusuf kelas 4 dan saya masih kelas 1 ketika kami berkarib ... aku ini benar-benar anak kampung sejati ya, dulu liburan panjang sehabis kenaikan kelas adalah saat yang paling ditunggu-tunggu ... karena saya pasti dikirim bapak ke yogya ke rumah eyang saya di sleman ...

MENYENANGKAN !!

karena saya pasti ketemu dengan sahabat-sahabat saya di sana yang hanya bertemu setiap liburan panjang .... Endah, Danang, Ferry ... kami bisa seharian mandi di kali ... memanjat pohon jambu depan rumah eyang saya ... main sepeda keliling kampung seharian ... memetik genjer dan dibawa pulang untuk dimasak ... membawa nasi bungkus dari rumah dan memakannya di saung di tengah-tengah sawah ... sewa komik di tempat penyewaan buku bernama "berlima" di jalan Magelang ... ke toko buku Valentino di daerah Malioboro naek delman untuk beli buku-buku Enid Blyton ... Lima sekawan ... Pasukan Mau Tahu ... serial komplotan ... Bobo edisi terbaru ... makan bakso Sondi di sebelah toko ikan hias Golden di jalan magelang ... ke kebun binatang gembiraloka ditemani Eyang kakung ...sekarang ? penyewaan komik "berlima" sudah menjadi warnet , toko buku valentino bangkrut dan berubah menjadi rumah makan soto kudus yang lumayan enak dan seringkali kami datangi kalau kami kumpul-kumpul, bakso Sondi masih ada sampai sekarang tapi kok rasanya tidak se-enak jaman dulu ya ? mungkin karena pak sondi sudah meninggal dan tidak meninggalkan resep warisan untuk anak-anaknya, toko hias golden sekarang menjadi minimarket alfamart ...Endah sudah menjadi pegawai negri sipil di sleman dan menikah dengan duda beranak satu ... Danang putus kuliah dan membuka bengkel motor dan penyewaan playstation ... Ferry masuk Akabri dan sekarang bertugas di Polres Sleman dan menikah dengan Polwan berpangkat sersan satu (baru saja melahirkan anak pertama) ... dan sampai sekarang setiap kami punya kesempatan kumpul di yogya ... kami seperti kembali ke masa kecil dimana saya selalu punya perasaan hangat setiap pertama kali saya datang dari bogor ke yogya, sesampainya di rumah eyang .. tanpa istirahat saya langsung berlari berteriak-teriak memanggil mereka dan kami berlompatan senang karena pastinya selama hampir satu bulan ... yang ada hanyalah "BERSENANG-SENANG" :)