Wednesday, August 27, 2008

Perjalanan Hidup 10 (Masih mencoba bertahan hidup di Jakarta...)

Saya menulis ini menjelang tengah malam... karib saya yang bertubuh agak subur , si Tobil membawa saya ke sebuah tempat dimana mengabaikan tempatnya yang ndak terlalu cihuy tapi selalu saja berhasil membuat saya makan layaknya kesetanan sangking kelaperan ...

Saya makan malam di sebuah kedai makan di lantai 10 ... dengan pandangan mata dimanjakan pemandangan gedung-gedung bertingkat ... kondominium ... dan rumah-rumah petak penyeling bangunan-bangunan mewah yang saya sebut sebelumnya ...

proyek menulis nukilan-nukilan hidup saya harus terus dilanjutkan ...

saya serasa semakin terobsesi....

bangunan gedung-gedung mewah ... bertingkat .. memang bukan kali pertama saya lihat ..

tapi di benak saya ketika mengenang kali pertama saya berhadapan dengan gedung-gedung bertingkat di JAKARTA ...

--menerawang--

1997
di tulisan sebelumnya saya bercerita bagaimana susah nian akhirnya sampai juga di UI Salemba untuk daftar ulang dan bagaimana jatuh mental rasanya dengan segala hal yang sepertinya silih berganti ditabrakan oleh realita di depan muka ...

selepas siang itu ...

saya berdiri di depan UI Salemba dengan penuh rasa takut, bimbang, meragu dan cemas ...

apa yang harus saya lakukan sekarang ...

sudah pukul dua siang ... dan setelah ini saya belum tahu kemana hendak menuju ..

yang jelas, tempat berteduh selama kurang lebih 5 hari ke depan saya sudah harus temukan ..

tak mungkin rasanya harus menginap di hotel-hotel seputaran matraman, atau cikini ...

bukan hotel berbintang sih ku tau ..

tapi imaji bahwa saya harus menghabiskan 190 ribu rupiah semalamnya saja sudah cukup membuat bergidik ...

kartu atm bca di genggaman saya serasa berubah menjadi segepok uang tak seberapa untuk persediaan satu tahun ....

Ok, seleksi penerimaan akan dilaksanakan di balairung UI Depok ...

mustahil rasanya aku tidak menemukan satu kamar kost kosong untuk saya tinggali ...

naiklah ojek sampai stasiun cikini dan beranjaklah saya ke stasiun UI ...

di sana ...

serangan panik selanjutnya melanda ...

saya sudah seperti korban perampokan dengan metode hipnotis...

terlongong-longong macam orang bego saja saya di stasiun UI ...

pukul empat sore...

Gusti Sing Paring Urip memang punya rencana dan bagaimana Ia membuat nyata memang tak pernah bisa diduga ...

saat saya kebingungan ...

seorang Ibu menegur saya ...

Ibu penjual rokok ...

"Mau kemana dek?"

"Wah, Bu ... saya sendiri kalau ditanya mau kemana bingung jawabnya"

"Lho, emang tujuannya kemana .. ke siapa? ada sodara?"

"Ndak Bu ... saya jujur ndak tau mau kemana ... saya dari Semarang ... saya mau daftar kuliah di UI ... sekarang sih saya pengen cari kost-kostan buat tinggal ... Ibu tau ndak ada kamar kost yang kosong?"

"Duh dek ... kalo kost2an mah .. banyak disini .. emang adek mau nyari yang berapa sebulannya?"

--muka pias sambil mereka-reka biaya hidup--

"Ibu, saya punya kondisi keuangan yang sungguh memprihatinkan ... kalau memang ibu bisa membantu .. saya pengen dikasih unjuk kira-kira di daerah mana ya saya bisa dapat kost dengan harga dibawah 100 ribu per bulannya?"

--sang Ibu rada kaget dengan budget per bulan yang baru saja ku sebut--

"aduh dek .. itu mah rada susah ya .... yang Ibu tau sih di deket sini ada kost2an kosong... tapi itu juga kayaknya kalo nggak salah mah 250 ribu perbulan"

--semakin saya merasa sudah ditinggalkan sendirian tak ada yang menemani dan semakin panik hingga saya sudah tak bisa berkata apa-apa ... hanya diam dan bingung--

"Oh .. gitu ya Bu .. tapi bukan berarti ndak ada kan, kost2an dengan budget yang saya maksud?"

"Ada sih dek .. tapi udah telanjur sore .. susah atuh dek"

--aduh .... harus bagaimana ini--

"Adek ada sodara di Jakarta ?"

"Ndak ada Ibu ... saya beneran panik mau tinggal dimana saya ini"

............................................... sang Ibu terdiam sejenak .....lalu berkata ....

"Ya udah dek ... daripada nanti tidur di mesjid, barang adek ada yang hilang pas lagi tidur .... gimana kalau ADEK NGINEP AJA DI RUMAH IBU DULU .. BESOK PAGI SAYA TEMENIN NYARI KOST2AN?"

Gusti Sing Paring Urip ... matur nuwun sanget ... dan nyuwun ngapuro .. minta maaf kalau saya tadi berburuk sangka bahwa Kau meninggalkan aku .... ternyata ini sudah kau siapkan jalan nampaknya sekali lagi ...

dan terdamparlah saya di rumah Ibu Kus ... nama dari si Ibu yang baik hati itu ....

HARI PERTAMA MERANTAU KE JAKARTA ... SAYA HABISKAN MALAM DENGAN BERISTIRAHAT DI RUANG TAMU SATU KELUARGA YANG TIDAK SAYA PERNAH KENAL SEBELUMNYA ...

Jangan ditanya seperti apa rasanya hati ini ....

saya menangis tanpa suara ...

saya cuma bilang dalam hati:

"Duh Gusti Allah ... kok yooo koyo ngene mesthi aku le rekoso ... kok ya begini nelangsanya jalan hidupku ya... aku boleh ngeluh dong sama Gusti ... aku mesti berkeluh kesah dengan siapa lagi kalo ndak sama Gusti Allah ... rasa-rasanya aku pengin sekali kembali ke Semarang dan menyerah kalah .."

tapi sisi lain saya berkata

"Sudahlah ... hidupmu sudah melewati banyak cobaan .. susah sedih yang paling pahit pun sudah kau lewati ... yang ini juga, siap ndak siap ... harus siap untuk dijalani ... jangan berpikir yang neko-neko ..jalanin saja ... nikmati saja .. kalau sedih .. ya sudah, nikmati saja sedihnya .. tapi jangan surut mundur!"

saya akhirnya menyerah tidur setelah dengan susah payah menyemangati diri sendiri untuk TIDAK SURUT MUNDUR!

..........................................

Pagi keesokan harinya,

Saya dan Ibu Kus pergi ke daerah Kukusan Kelurahan ... dibelakang komplek UI ... Ibu Kus dengan rela ndak buka warungnya hari ini untuk menemani saya mencari kost2an dengan harga yang sepertinya ingin membuktikan bahwa HIL YANG MUSTAHAL bisa terjadi di Ibukota heheheh .....

seperjalanan .. tak habis pikirnya saya bahwa di Jakarta masih ada orang macam Ibu Kus ini yang tulus membantu dan keihklasannya terpancar di wajah ...

Seharian mencari kami tak menemukan kost2an dengan harga yang terbilang ....

sampai menjelang sore ... kami menemukan satu buah komplek kost2an yang lengaaaang sekali ....

20 kamar ...

dengan kondisi agak tak terawat ... dan letaknya ditengah-tengah kebun ... dilingkari pohon melinjo ... pohon jengkol dan rambutan ...

dari 20 kamar itu yang ditempati hanya 3 kamar saja .. sisanya kosong melompong ...

kabarnya .. karena berhantu ... komplek kost2an itu ndak laku ...

aaahh persetan dengan hantu ... kalau ternyata murah .. ku disini saja ...

dan benar ....................hanya 60 RIBU RUPIAH SAJA PER BULAN ....

langsung saya bayar ....

saya pamitan dengan Ibu Kus ...

hari itu juga saya putuskan untuk pindah ....

malam pertama ...

DI SEBUAH KAMAR, DENGAN DIPAN BERKASUR KAPUK TANPA SEPRAI ... SATU UNIT LEMARI DAN MEJA BELAJAR ...

lengang .. ndak ada radio atau televisi pembunuh sepi ...

membeli seprai saja rasanya kok susaaaah buanget ...

karena berhitung ....

akhirnya malam itu ...

KASUR KAPUK ITU DIALASI KAIN SARUNG dan saya tidur dengan bantal guling tak berbungkus ...

kalau ingat sekarang ... saya ndak habis pikir .... wah, saya kuat juga saya dicoba hidup prihatin semacam itu ....

--bersambung--

No comments: