Tuesday, August 26, 2008

Perjalanan Hidup 8 (lintasan peluru...)

Proyek pribadi untuk menuliskan segala sisik melik perjalanan hidup saya masih terus berlanjut meskipun beberapa kali sempat tertunda ...

Kenapa aku ingin ini terus berlanjut ...

realitas menghantam saya tadi malam ...

saya berkunjung ke seorang karib ...

begitu nyampe di kamarnya ...

saya takjub dengan foto dokumentasi yang dia punya ...

ada begitu banyak senyum ... ada begitu banyak kenangan yang dibekukan dan siap dinikmati kapan saja ...

serasa melihat proses metamorfosis saja ...

foto-foto mulai dari dia SD ... sampai kuliah ...

dari jaman kurus .. sampai ia menggembung kayak kuda nil hihihihi

dari jaman culu .......... sampai ................ teteup, masih culun hahahah a

tapi aku sangat iri padanya ...

disana-sini kulihat penanda memori ....

sementara kalau aku runut kembali ...

aduh, banyak sekali runtutan peristiwa yang bermakna dalam hidup saya yang tak ada penanda jejaknya kecuali rekaman yang tersimpan di kepala ..

otak ini perlahan akan menurun daya ingatnya ...

dan saya tak mau tergerus begitu saja pengalaman-pengalaman yang membuat saya bisa seperti ini sekarang ...

aku ingat penggalan film "Saving Private Ryan" ... seorang kopral berkata ke Mas Tom Hanks bahwa ia sangat menyayangi kakaknya tapi sekarang dia sudah lupa bagaimana wajahnya ...

Mas Tom Hanks bilang: "Jangan berusaha ingat wajahnya ... ingatlah sebuah peristiwa yang bermakna buatmu dan kakakmu itu ... ingat saja momen-momennya .. niscaya kau akan ingat seperti apa wajahnya" ...

well, aku akan melakukan hal itu juga sih untuk memutar ulang memori bermakna saya ...

tapi sebagai pengganti foto sebagai penanda jejak memori ...

saya mau menuliskannya saja ...

supaya pada akhir ujungnya, ketika saya membaca hal sedemikian ..

saya bisa tersenyum .. atau bahkan menangis sedih kembali mengenang semua ...

baiklah,

sudah cukup basa-basinya ....

mari kita mulai kembali saja perjalanannya ...

sudah 7 tulisan yang saya buat dalam rangka menulis sisik melik sejarah ...

terakhir kali kutulis rentang waktu tahun 1994-1995


...................................................................................

1995 - 1997
Saya gagal membuktikan diri saya sendiri untuk masuk Akabri ... tidak gagal sepenuhnya ... karena saya berhasil masuk seleksi pemantauan akhir nasional (Pantukhirnas) diantara beribu-ribu pendaftar ...

mungkin Gusti Sing Paring Urip ndak mengijinkan ... karena dia tahu .. jauh di lubuk hati saya .. saya juga ndak pengin sebenarnya jadi tentara atau Polisi ....

satu-satunya alasan kuat saya adalah pembuktian sama si Bapak kalau saya bisa lebih baik darinya ...

ingatan saya terlempar jaman saya masih kelas 4 SD dan si Aan kelas 1 SD

"Aan .. kalau mas .. atau kamu udah gede ... kita buktiin yuk sama Bapak ... kalau kita lebih baik dari dia ... Bapak kan cuma lulus SECABA (Sekolah Calon Bintara) ... besok kalo kita udah gede ... kita HARUS lulus AKABRI!"

"Iya mas .. Aan janji!"

"Mas juga janji!"

dan Gusti Sing Paring Urip ndak mengijinkan motivasi itu jadi kenyataan

saya jadi ingat pembicaraan ini dengan si Aan

"Aan .. mas gagal euy !"

"Tenang mas, masih ada Aan! ... if you can not make it ... i will!"

dan benar, si Aan berhasil masuk Akpol (Akademi Polisi) ...

aku bangga sekali padanya ...

mataku tak berhenti berurai air waktu liat dia defille keliling lapangan Akpol waktu kelulusan ...

dadaku rasanya sakit karena terhimpit rasa bangga ...

kami sudah menepati satu janji masa kecil kami ...

waktu itu, sebelum aku ikut seleksi Akabri ....sebenarnya aku sudah diterima PMDK ... di IKIP Negeri Semarang ... jurusan SENDRATASIK (Seni Drama Tari dan Musik) ...

betul,

aku pengin sekali jadi guru musik sebenarnya ...

tapi sudahlah ...

Akhirnya aku masuk Arsitek ...

semata-mata karena aku ndak tau lagi harus milih apa .... jadi ya cuma ikut-ikutan teman-teman ...

dan benar ...

saya malas ...

ini bukan dunia saya ...

tapi ya sudahlah dijalani dulu ...

aku percaya, kalau jalan hidup itu akan dengan mudah dibelokkan sama takdir kalau kita bersikap nrimo dan ndak banyak mengeluh ...

benar saja,

akhir semester 2 .. saya kecelakaan ...

naik mobil .. ngantuk .. dan menabrak angkutan kota dari belakang dengan kecepatan tinggi

saya LUMPUH SELAMA 1 TAHUN...

perlu usaha yang keras untuk bisa bangkit ...

BANGKIT! ... fisik dan mental ...

untungnya, opium setia menemani ...

betapa saya bersyukur saat itu punya belahan jiwa yang sedemikian menyayangi dan tak beranjak pergi bahwa ketika kondisi lagi begini ...

peristiwa ini juga menjadi titik balik saya untuk banyak berkomunikasi dan sensitif dengan tanda-tanda Gusti Sing Paring Urip untuk memberi tahu saya apa yang harus dilakukan ...

pada satu saat satu waktu ..

saya sedang di ruang keluarga sambil nonton tv

tapi benak saya tak henti berkomunikasi denganNya ...

"Gusti ... kalau memang kamu mau membelokkan jalan hidupku ... kamu sudah cukup memberi tanda ... saya anggap yang terjadi kali ini sebagai tanda .. bukan ujian ... nah, sekarang saya seperti ditinggal sendiri .. saya ndak tau harus berbuat apa .. dan bagaimana Gusti ... tolong beri isyarat sekali lagi kalau Gusti Allah mendengar saya!"

............ DAN LANGSUNG DIJAWAB ...

muncullah di tv, iklan penerimaan pendaftaran D III UI Broadcasting ...

saya anggap itu bagian dari isyaratNya ...

kasak kusuk saya mencari tahu ...

sampai satu malam saya berbicara dengan si Bapak ...

"Pak ... Agus kayaknya pengen pindah kuliah deh ..."

"Mau kuliah dimana tho?"

"Aku mau kuliah di Jakarta .. aku mau coba kuliah di UI Pak... aku mau ambil broadcasting"

"Terus kuliahmu di arsitek gimana ?"

"Pak .. maaf.. sepertinya ini bukan duniaku deh"

"Ok .. sekarang kamu butuh biaya berapa untuk sekolah di UI?"

"Untuk tahun pertama SPP sama itung-itung buat tugas-tugas kuliah ... yaaah sekitar 5 juta pak"

"Ok .."

Si Bapak ... masuk ke kamar .. dan keluar sambil membawa segepuk uang

"Ini uang senilai 5 juta ... kamu bisa ambil ... dan kamu bisa coba sekolah di Jakarta... TAPI ADA KONSEKUENSINYA!"

"Apa Pak?"

"SELAMA SATU TAHUN PERTAMA .. TAK SEPESERPUN UANG SAYA AKAN KELUAR KECUALI 5 JUTA YANG ADA DI MEJA INI ... KALAU KAU TAK DITERIMA DI UI ... JANGAN KAMU KEMBALI KE RUMAH .. KAMU HARUS SURVIVE DAN KULIAH DI SANA APAPUN CARANYA ... "

"BERANI TERIMA KONSEKUENSINYA?"

Saya jawab saya BERANI ....


--BERSAMBUNG--



No comments: