Tuesday, August 26, 2008

Perjalanan Hidup 9 (mulai bertahan hidup di Ibukota...)

Proyek pribadi menuliskan sisik melik perjalanan hidup semangkin menyenangkan saja :) ... sudah 8 artikel yang tertulis terunut dari awal ...

mari berkendara kembali bersama saya ...

rehat sudah selesai dan waktunya kembali melaju...

terakhir kali apa ya ? ... o iya ...

di periode ini ...

............................................................

1997 - 2000
Awal agustus tahun 1997....

Sepi sekali stasiun Tawang Semarang pagi ini,

tidak kurasakan dingin

yang ada semuanya terasa lindap ...

tak terdengar suara meski di ujung jalan riuh kudengar lamat-lamat suara klakson angkutan kota menuju pasar Johar ...

dingin dan sepi ...

koper kecil dan tas punggung saya letakkan disamping ..

saya duduk tergugu sendirian di sebuah bangku tua panjang terbuat dari besi tempa yang sedikit menggigit sesaat dengan hawa dingin sisa tadi malam ...

saya sedang menunggu kereta pagi yang mengantarkan saya pergi ke Jakarta ...

Saya mau pergi ke Jakarta ...

Gusti Sing Paring Urip sudah memberi petunjuk dan isyarat ...

waktunya saya bergerak ...

("SELAMA SATU TAHUN PERTAMA .. TAK SEPESERPUN UANG SAYA AKAN KELUAR KECUALI 5 JUTA YANG ADA DI MEJA INI ... KALAU KAU TAK DITERIMA DI UI ... JANGAN KAMU KEMBALI KE RUMAH .. KAMU HARUS SURVIVE DAN KULIAH DI SANA APAPUN CARANYA ... "

"BERANI TERIMA KONSEKUENSINYA?"

Saya jawab saya BERANI .... )

Pembicaraan 3 hari yang lalu terngiang di kepala saya ...

dengan berani saya ambil tantangannya ...

tantangan Bapak saya untuk menaklukan Jakarta

Kali pertama dalam hidup saya ke Jakarta ..

betul .. tidak berbohong ... saya baru ke Jakarta untuk pertama kalinya SENDIRI ...

well, terakhir kali saya ke Jakarta waktu saya berumur 12 tahun ...

perkembangan Jakarta cuma saya lihat di televisi ...

tak ada sanak saudara di Jakarta

sungguh mengherankan ..

diantara segitu banyak anggota keluarga trah Sandiyo ...

ndak ada satu pun yang tinggal di Jakarta ...

atau mungkin saja ada yang merantau ke Jakarta tapi saya tak terlalu dekat dengan mereka ... jadi meminta bantuannya pun bukan pilihan buatku ...

Dada saya sakit menahan tangis ...

hari ini saya ndak mau menangis

Saya sudah minta si Mamah untuk tak mengantar ...

Opium pun saya larang keras untuk mengantar ...

di dompet ... terselip atm BCA dengan saldo 3,5 juta rupiah saja ... tabunganku kecil-kecilan dari nyanyi di kafe ... siaran .. sama kerja sana sini ..

3,5 juta rupiah .. modal utama untuk saya bertahan di Jakarta selama tahun pertama ...

cukup ndak cukup .... pokoknya harus cukup! ...

Opium kularang untuk menelpon, berkunjung, atau mengirim uang bantuan ...

Si Mamah pun demikian

"Jangan bantu aku apapun .. bantu saja doa dari sini ... aku akan kabari keadaanku setiap waktu.. selebih dari itu ... cuma doa saja kuminta"

dan sekarang saya tergugu sepi ...

Kereta sudah datang ...

waktunya beranjak pergi ...

Jakarta, saya datang menyumbang diri ...

.......................................................................................

Saya sudah ada di stasiun Gambir ...

Kekalutan khas pendatang menyerbu saya

setiap orang seperti berlari ...

terlongong-longong saya melihat mereka berseliweran di depan muka

ah ah ah ... apa yang saya harus lakukan ?

kemana saya harus pergi?

iya, betul .. pertama kali saya harus pergi ke Salemba ... pendaftaran DIII UI-INDOSIAR dilakukan disana ...

saya sudah mendaftar lewat website sebelumnya ... dan saya harus pergi ke sana untuk mendaftar ulang

kemana dan bagaimana saya harus pergi ke Salemba ...

Saya panik!

Saya seperti Kabayan saba kota ...

saya seperti salah satu kontestan "Amazing Race" yang dikasih uang 3,5 juta rupiah saja untuk menaklukan Jakarta selama satu tahun ...

salah naek angkot aja sudah merupakan bencana ...

perhitungan dimulai dari sekarang!

sampai lah akhirnya saya di Salemba ..

pada mas-mas yang ada di registrasi saya berbasa basi ...

"Wah mas ... pasti animonya banyak banget ya yang mau masuk DIII Broadcast UI-INDOSIAR ... apalagi ada iklannya di TV"

"Iya dik ... banyak banget ... "

"Emang berapa sih yang udah ndaftar?"

"3000 orang!"

"Emang berapa yang mau diterima?"

"210 orang aja"

--hatiku langsung mencelos--

Gusti ... sekarang aku berjalan dengan iman saja ... aku ndak akan sentuh sama sekali buku-buku pelajaran yang aku bawa ... kalau memang jalanMU aku ada di UI ... ya sudah ... buat aku ada disana ...

daftar ulang selesai .. saya keluar dari Salemba ...

dan kepanikan susulan terjadi ...


SAYA MAU TIDUR DIMANAAAAAA?????? HUAAAAAAA!!!!!

--Bersambung--



No comments: